Menikmati Kyoto di Iwatayama Monkey Park

Sudah cukup lama saya tidak menulis, apapun bentuknya. Jangankan mengupdate blog, menulis dalam bentuk tulisan tangan saja hanya sesekali dilakukan karena perkembangan teknologi yang hal apapun selalu menggunakan smartphone. But i made a promise to myself that i’ll write something in this blog after i finish my Japan trip. And yes, i want to fulfill that promise.

Tapi bingung juga mau mulai dari mana karena skill menulis sudah tumpul akibat jarang diasah. Niat awal mau sharing itinerary dan terorganisir berdasarkan hari, tapi agak sulit dilakukan karena belum tentu dalam 1 hari itu kegiatan yang saya lakukan bisa bermanfaat untuk orang lain. Then this is it…i decide to share based on experience. Pengalaman dan tempat-tempat yang berkesan bagi saya dan mudah-mudahan dengan saya sharing di blog bisa bermanfaat buat orang lain, baik yang memang mau mengunjungi tempat itu maupun bagi yang sedang cari-cari ide.

Ok, enough for the foreplay (huh?) dan basa basinya, let’s back to the main point. Let me share about this beautiful place in Kyoto, tepatnya di Arashiyama. And i’ll tell you, you have to come to this place if you have a chance to visit Kyoto! Iwatayama Monkey Park.

IMG_20160307_133106

Mayoritas turis yang datang ke Kyoto akan mengunjungi kuil, kuil, kuil, dan kuil. Well..itu yang dulu saya lakukan ketika pertama kali menginjakan kaki di Kyoto. Tapi karena ini kunjungan kedua saya di Kyoto, pastinya ingin ke tempat yang belum saya kunjungi. Tapi jika kamu baru pertama kali ke Kyoto, sempatkan untuk ke monkey park ini. Bisa jadi selingan supaya tidak bosan dengan kuil. Kyoto itu kuilnya banyak, kalau kegiatan hanya diisi dengan hanya melihat kuil, apa ga mabok kuil? Lokasinya cukup dekat dengan hutan bambu yang tersohor itu dan masih bisa dijangkau dari Kinkakuji.

Bisa dilihat dari namanya, Iwatayama Monkey Park, berarti tempat dimana kamu bisa melihat monyet. Dan memang benar, tempat ini adalah 1 tempat khusus dimana monyet-monyet berkumpul. Semacam Monkey Forest lah kalau di Ubud. Entah ada hubungannya dengan suatu kepercayaan atau tidak, saya kurang tahu. Saya cuma melihat ada kuil di dekat loket masuk. Tapi kurang paham ada hubungannya atau tidak antara monyet dengan kuil itu.

IMG_20160307_121444
Kuil yang berada dekat loket penjualan tiket

Sebenarnya di awal rencana perjalanan saya ke Jepang, ada rencana ingin ke Jigokudani di Nagano karena trip saya ada di awal maret, jadi masih ada kesempatan lihat monyet berendam di kolam air panas dengan latar belakang salju. Tapi sayang…dikarenakan  waktu yang mepet dan saya kepengen banget lihat monyet Jepang berpantat merah, jadilah saya masukan Iwatayama ini ke itinerary dan mengorbankan Sagano Scenic Railway dari rencana awal.

Untuk menuju ke Iwatayama, pastinya arahkan tujuan kamu ke area Arashiyama. Karena saya dari arah Osaka dan pergi ke hutan bambu dulu, jadi saya turun di stasiun Saga Arashiyama. Kalau dari Saga Arashiyama, begitu keluar dari stasiun, kamu akan berhadapan dengan 3 jalan, 2 jalan besar di kiri dan tengah, dan 1 jalan kecil di kanan. Untuk menuju Iwatayama, ambil jalan yang tengah, jalan menuju jembatan Togetsukyo.

Sebenarnya stasiun yang lebih dekat lagi di stasiun Randen Arashiyama, mau ambil yang mana, the choice is yours. Setelah melewati jembatan Togetsukyo, yang seriusan-pemandangannya-cakep-banget-itu, belok kanan. Bukan belok kanan yang di jalan berbatu-batu, tapi jalan yang beraspal. Ada papan penunjuknya kok. Kalau masih belum yakin, tanyalah ke mas2 penarik becak berkaki seksi yang ada banyak di sekitaran situ.

IMG_20160307_134412

Pintu masuk ke monkey park ini ada di atas setelah naik beberapa anak tangga. Jangan salah masuk ke kuilnya. Setelah sampai di ujung tangga, lihat ke arah kiri. Di situ loket untuk beli tiket dan jalan masuk ke arah monkey park. Loket beli tiket? Yap..untuk masuk ke sini dikenakan biaya 550 yen untuk orang dewasa. Setelah bayar 550 yen di loket, akan diberikan 1 lembar kertas tebal semacam tiket yang juga berisi peraturan yang harus dipatuhi untuk kenyamanan bersama, manusia dan monyet.

Selepas loket inilah fisik kamu akan diuji. Sebelum bisa ketemu dengan para monyet, kamu diharuskan untuk berjalan melewati bukit. Tapi tenang..perjalanan melewati jalur yang sudah disiapkan kok. Bahkan ada tangga. Mendaki selama kurang lebih 20-45 menit. Petugas di loket sih infonya 20 menit perjalanan, tapi rasanya waktu tempuh saya lebih dari 20 menit. Saya menyalahkan badan yang tidak pernah jarang olahraga ini. Menurut saya jangan mengunjungi tempat ini di musim panas. Musim panas dan perjalanan mendaki adalah kombinasi yang kurang baik. Di suhu sekitar 17 derajat saja saya ngos2an, apalagi musim panas…

IMG_20160307_121634.jpg
Perjuangan untuk bertemu monyet dimulai…

Tapi pemandangan yang disajikan selama mendaki cukup menyegarkan mata. Hutan yang ada di bukit benar-benar dijaga dengan baik. Bersih dan hawanya sejuk. Tapi pemandangan yang bagus dan hawa yang sejuk tidak serta merta membuat saya jadi kuat. Tetap saja ngos2an dan harus berhenti 2x untuk istirahat. Well…at least i made it to the top. Di tengah jalan saya ngobrol sebentar dengan 1 pengunjung yang memutuskan untuk berbalik dan tidak melanjutkan sampai ke atas. Saya pikir, sayang banget sudah bayar 550 yen, terus ga ketemu monyet. Dapat capeknya aja. Selama perjalanan memang tidak terlihat monyet sama sekali.

IMG_20160307_122157.jpg
Masih jauh~~dan tidak ada penampakan monyet sama sekali. Keep walking!

Dan perjalanan yang cukup melelahkan itu terbayar sudah setelah saya melihat petunjuk bahwa puncak sudah dekat. Saya semakin semangat dan mempercepat langkah supaya cepat sampai ke atas. Setelah sampai di atas, saya melihat monyet bertebaran dimana-mana. Saya sampai di waktu yang cukup tepat karena ketika itu para petugas sedang memberi makan. Monyet berkumpul di lapangan dan para petugas melemparkan makanan. Bisa dibilang monyet yang ada di Iwatayama ini cukup jinak, menurut saya tidak seperti monyet yang ada di Sangeh.

Walaupun kelihatan tidak berbahaya, kemarin saya sempat melihat ada monyet yang iseng ke salah satu pengunjung. Petugas selalu tanggap dan waspada kalau ada monyet yang mencurigakan. Tapi walaupun ada petugas yang siap sedia, tetap follow the rules ya. Salah satu peraturan yang ada, dilarang memberi makanan langsung ke monyet. Memberi makanan hanya bisa dilakukan di 1 ruangan khusus, dimana justru manusianya yang ada di dalam ruangan, monyet di luar..hehe

IMG_20160307_123516
Sampai di puncak

IMG_20160307_123500

Sebenarnya alasan kenapa Iwatayama ini berkesan bagi saya, selain karena monyet, adalah pemandangan yang disajikan di puncak. Saya adalah penikmat pemandangan dari atas, dan di tempat ini saya bisa melihat pemandangan Kyoto dari atas. Semacam outdoor observatory deck. Rasanya menempuh perjalanan mendaki selama lebih dari 20 menit itu terbayar penuh setelah menikmati pemandangan Kyoto.

PANO_20160307_125504-01

IMG_20160307_131216.jpg

IMG_20160307_130428.jpg

Kyoto tidak hanya tentang kuil dan hutan bambu. Iwatayama adalah salah satu tempat yang bisa dikunjungi di Kyoto di sela perjalanan dari kuil ke kuil. Tempat untuk menikmati pemandangan Kyoto dari atas bukit. Tempat untuk menenangkan diri sejenak dari area yang penuh dengan hiruk pikuk turis. Untuk informasi lebih lengkap tentang Iwatayama, seperti akses menuju ke sana dan jam buka, bisa dilihat di sini

Melihat pemandangan yang bagus di bukit selama perjalanan menuju puncak monkey park di awal maret, saya jadi berimajinasi bagaimana bagusnya pemandangan di sini di musim gugur. Mudah-mudahan saja ada kesempatan dan rejeki bisa kembali ke sini untuk melihat cantiknya pohon dengan daun warna warni ditemani monyet di musim gugur.

Ada yang sudah pernah ke Iwatayama di musim gugur? Atau mampir ke Iwatayama di musim lain dan punya cerita menyenangkan? Feel free to share your experiences in comment below 🙂

Leave a Reply

