Rekomendasi Akomodasi (Part 3)

Seharusnya saya melanjutkan postingan Rekomendasi Akomodasi series ini dengan review akomodasi di Bangkok, Ho Chi Minh, Siem Reap, dan Phnom Penh seperti janji sebelumnya di part 2. Tapi karena yang masih fresh di ingatan adalah akomodasi di trip Eropa tahun lalu, jadi maafkan kalau part 3 Rekomendasi Akomodasi series ini saya isi dulu dengan akomodasi di Eropa, tepatnya wilayah Inggris. Di dua postingan Rekomendasi Akomodasi sebelumnya saya sempat menulis kalau foto yang saya tampilkan di postingan tersebut bukan milik saya pribadi melainkan mengambil dari web hostel yang dimaksud atau web reservasi. Tapi untuk kali ini saya bisa berbangga diri menyebutkan kalau foto yang ditampilkan di part 3 ini diambil ketika saya menginap di sana karena sudah sadar diri kalau mau bikin postingan review hostel di blog *kibas poni.

City Stay Hostel ( Edinburgh, Inggris )

Lokasi (6 Queen Street, New Town, Edinburgh, EH2 1JE, United Kingdom)

Edinburgh bukan kota yang terlalu besar, jadi sebenarnya tidak masalah untuk hotel di lokasi manapun di Edinburgh ini. Jadi kenapa saya memilih untuk menginap di City Stay Hostel ini? Salah satu pertimbangan, selain karena harganya yang masuk akal, adalah karena lokasinya yang dekat dengan terminal bis dan stasiun. Karena saya datang di pagi hari dengan menggunakan bis serta berangkat menuju York juga di pagi hari dengan menggunakan kereta, jadi lebih aman untuk tidak mengambil penginapan yang berada di kawasan Old Town. Mengambil transportasi pagi berarti ada resiko bangun terlambat. Jadi daripada saya harus lari-lari geret koper jauh dari Old Town yang memiliki jalan berbatu serta naik turun labil ga jelas menuju Edinburgh Waverley, lebih aman ambil penginapan yang memiliki jarak selemparan batu kali ke stasiun dengan jalan mulus beraspal. Lokasi City Stay Hostel bisa dilihat di gambar di bawah ini atau lihat di sini.

untitled

Kamar & Fasilitas

Kamar yang ditawarkan City Stay Hostel hanya tersedia tipe dormitory yang terdiri dari kapasitas 4, 8, dan 10 orang. Tersedia mixed dan female dormitory room. Walaupun dengan tipe dormitory, kamar mandi yang disediakan adalah kamar mandi dalam. Jadi untuk menggunakan kamar mandi tidak perlu keluar dari kamar seperti dormitory pada umumnya. Harga yang dipatok ketika saya menginap di sana untuk female dormitory room kapasitas 8 orang adalah £ 15 per orang per malam.

Fasilitas yang disediakan cukup lengkap. Dapur lengkap dengan peralatannya, tidak hanya sekedar microwave dan lemari pendingin saja. Lokasi hostel ini juga dekat dengan Sainsbury’s, jadi masak sendiri untuk makan malam sangat memungkinkan. Common room juga tersedia tapi saya tidak sempat menengok ke dalam common room jadi tidak bisa memberikan info ada apa saja di dalam situ. Jika kamu datang sebelum waktu check in, kamu bisa menitipkan koper di loker. Tapi sayangnya tidak gratis. Kemarin saya harus merogoh biaya tambahan £ 3 untuk loker. Sangat jarang hostel di Eropa yang memberikan fasilitas free breakfast dan City Stay Hostel Edinburgh ini salah satunya. Jadi jangan tanyakan fasilitas ini.

Fasilitas lain seperti free wifi masih bisa menampung kebutuhan kalau hanya untuk browsing, buka email, atau update status. Colokan listrik tidak tersedia di setiap tempat tidur. Kalau mendapatkan tempat tidur di bagian atas, maka bersiap untuk tidak bisa tidur ditemani handphone di sisi kamu sambil mengisi baterai handphone yang habis karena colokan listrik hanya ada di tempat tidur bagian bawah.

Satu kekurangan dari hostel ini ketika saya menginap adalah tidak adanya papan nama. Karena saya tiba sekitar jam 1/2 7 pagi dimana itu termasuk sangat pagi di sana dan keadaan sekitar juga sangat sepi, saya sempat ragu apakah benar bangunan ini adalah hostel yang saya cari. Pintu juga masih terkunci jadi saya sempat mengira ini rumah pribadi. Saya sampai melihat berkali-kali ke kertas bookingan yang saya pegang, mencocokan nomor rumah yang menempel di bangunan dengan alamat yang tertulis di kertas.

Hal yang saya tidak pernah saya lupa dari hostel ini adalah tangga melingkar yang seakan tidak ada habisnya dan staf front office ganteng yang selalu siap membantu mengangkat koper tamu ke kamar. Karena tidak ada lift sementara bangunan hostel ini tidak hanya 1-2 tingkat, jadi staf akan siap sedia membantu membawakan koper. Ini nilai tambah karena hostel biasanya identik dengan self service. Bayangkan saya harus mengangkat koper 12 kg dari loker yang ada di basement ke kamar di lantai 3 sendirian. English gentleman akan siap membantu 🙂 Tidak hanya ganteng dan bugar mengangkat koper, hal yang saya suka dari hostel ini adalah staf yang sangat ramah. Beberapa dari mereka menyenangkan untuk diajak ngobrol tapi sayang tidak berhasil saya jadikan jodoh.

Sebenarnya fasilitas yang dimiliki hostel ini tidak masuk kategori wah. Tempat tidur yang disediakan standar dengan bantal yang menurut saya terlalu tipis. Kalau kamu mencari hostel dengan fasilitas yang sangat apik layaknya boutique hostel, City Stay Hostel tidak saya rekomendasikan. Tapi jika kamu mencari hostel dengan harga murah, lokasi bagus, dan tidak masalah dengan fasilitas standar, selama hostel itu masih bersih, then i recommend this hostel for you. Staf yang ramah dan menyenangkan menjadi nilai tambah bagi hostel terutama untuk solo traveler yang tidak punya teman yang bisa diajak ngobrol selama perjalanan seperti saya ini.

Safestay (York, Inggris)

Lokasi ( 88-90 Micklegate, York, YO1 6JX, United Kingdom )

Hostel dengan harga termurah di York dengan kondisi tidak buruk, dan lokasi dekat stasiun, itulah alasan saya kenapa memilih Safestay ini. Sebenarnya tidak ada pilihan lain ketika saya mencari hostel di York. Safestay adalah pilihan satu-satunya untuk (budget) saya. Sebenarnya ada penginapan lain yang masuk ke budget, namun tidak saya masukan ke dalam opsi karena kalau tidak karena review yang kurang bagus, ya lokasi yang tidak dekat dengan stasiun. Kenapa harus dekat dengan stasiun? Sama seperti Edinburgh, perjalanan saya menggunakan kereta api dan saya melanjutkan perjalanan ke kota berikutnya dengan jadwal pagi. Saya juga malas harus jalan terlalu jauh. Kalau jalan biasa sih tidak masalah, yang saya pikirkan koper berat yang saya bawa. Jalan jauh sambil geret koper? Jadi sebisa mungkin saya pilih penginapan yang dekat dengan stasiun. Lokasi Safestay bisa dilihat di bawah ini atau cek di web Safestay.

untitled

Kamar & Fasilitas

Safestay adalah hostel yang sudah memiliki beberapa cabang di Inggris. Selain York, kamu juga bisa menemukan Safestay di Edinburgh dan London. Safestay sendiri bukan hostel tipe rumahan yang memiliki fasilitas sederhana. Jadi kalau kamu mencari hostel dengan fasilitas bagus tapi harga terjangkau, Safestay bisa masuk ke dalam daftar.

Selain tipe kamar dormitory seperti layaknya hostel, Safestay juga memiliki private room baik itu untuk kapasitas 2 orang maupun 3 orang. Untuk dormitory sendiri tersedia untuk kapasitas 4, 6, 8, 10, dan 12 orang. Kamar mandi berada di dalam kamar. Tapi sayangnya hanya tersedia mixed dormitory. Tidak ada pilihan untuk female dormitory. Harga yang kemarin saya tebus untuk 1 tempat tidur di mixed dormitory room kapasitas 12 orang adalah £ 20 per malam. Setiap tempat tidur memiliki tirai dan colokan listrik. Bantal yang tersedia menurut saya salah 1 bantal ternyaman selama trip kemarin karena bantalnya tidak masuk ke dalam tipe bantal-tipis-bikin-leher-pegel. Tidak ada fasilitas free breakfast tapi breakfast disediakan dengan biaya. Kamu bisa memesan melalui resepsionis jika ingin menggunakan fasilitas sarapan dengan membayar £ 4.

Yang disayangkan adalah tidak ada dapur di Safestay York ini. Kalau hanya sekedar menghangatkan makanan jadi, microwave bisa kamu temukan di breakfast room. Jika kamu datang sebelum waktunya check in, kamu bisa menitipkan tas secara gratis. Mereka akan mempersilahkan kamu untuk menaruh koper di ruangan yang sudah disediakan. Tidak ada lift disediakan, tapi tenang saja karena bangunan hostel ini hanya 2 lantai jadi tidak terlalu berat lah kalau mengangkat koper ke lantai 2.

Walaupun sebenarnya saya kurang sreg dengan tipe hostel seperti Safestay ini, tapi untuk kamu yang mencari akomodasi dengan harga murah, bersih, interior bagus-mirip-hotel serta memiliki pilihan private room, Safestay bisa menjadi pilihan.

YHA Manchester ( Manchester, Inggris )

Lokasi ( Potato Wharf, Manchester City Center, Manchester, M3 4NB, United Kingdom )

Lagi-lagi hostel yang saya pilih karena pilihan hostel yang lain selain harganya tinggi, juga termasuk kategori party hostel, which is pasti akan berisik setiap malam. Untuk Manchester saya tidak bisa jalan kaki dari stasiun ke hostel dan stasiun kereta api yang ada di sini juga tidak hanya 1. Mayoritas kereta api berangkat atau tiba di Manchester Piccadilly. Walaupun hostel tidak bisa ditempuh dengan jalan kaki dari Piccadilly, untungnya kota Manchester memiliki free shuttle bus jadi saya merasa tidak keberatan karena tidak harus mengeluarkan biaya lagi.

Lokasi YHA berada lebih dekat dengan stasiun Oxford Road, jadi kalau kamu memilih untuk menginap di YHA Manchester ini dan menggunakan kereta, bisa memilih untuk turun di Oxford Road. Untuk lokasi bisa dilihat di web YHA Manchester.

Kamar & Fasilitas

YHA adalah brand hostel yang bisa kamu temukan di beberapa kota di beberapa negara, tapi sayangnya di Indonesia belum ada. Hampir sama seperti Safestay, menurut saya YHA ini lebih mirip hotel ketimbang hostel. Tidak ada nuansa hangat ala rumah di sini karena kamar yang tersedia memang banyak. Kamar yang ditawarkan untuk tipe dormitory tidak ada mixed dormitory room. Perempuan dan laki-laki terpisah. Mungkin YHA ini sebenarnya hotel syariah.

Kapasitas dormitory room tersedia hanya untuk 4 orang. Namun YHA Manchester ini juga menawarkan private room untuk kapasitas 2, 4, 5, dan 6 orang. Semua kamar memiliki kamar mandi dalam. Namun juga disediakan kamar mandi di luar juga. Harga yang saya bayarkan untuk 1 tempat tidur di female dormitory room adalah £ 27 per malamnya. Mahal? Kalau saya sih iya. Tapi pilihan lain lebih mahal dari itu. Jadi saya hanya gigit jari saja.

Sama seperti Safestay, YHA juga menyediakan fasilitas sarapan berbayar. Untuk sarapan ini bisa didapat dengan harga £ 5.75 jika beli di tempat. Kalau kamu reservasi online sebelumnya ketika booking mungkin bisa lebih murah. Sarapan yang ditawarkan adalah tipe buffet. Fasilitas lain yang tersedia di YHA adalah dapur lengkap sehingga bisa memasak dengan leluasa. Peralatan masaknya saja ya, kalau bahan makanannya ya beli sendiri pastinya. Kemudian tersedia juga fasilitas laundry. Tapi sebenarnya saya sangat kecewa dengan fasilitas free wifi ketika menginap di sana. Selama 2 malam wifi sama sekali tidak bisa digunakan. Alasan dari pihak YHA karena ada maintenance pergantian vendor, tapi 2 hari 2 malam? Oh, come on!

Kalau dibaca lagi kenapa kesannya YHA ini justru tidak saya rekomendasikan ya? Sebenarnya YHA tidak terlalu jelek sampai saya benci tidak mau merekomendasikan tempat ini. Di luar masalah wifi yang saya alami, YHA Manchester termasuk hostel bersih dan tidak berisik serta berada di lingkungan yang aman jadi masih saya masukan ke rekomendasi. Manchester kota yang mahal kalau melihat dari harga hostel yang ada, YHA bisa jadi alternatif bagi yang mencari akomodasi murah di Manchester.

4 thoughts on “Rekomendasi Akomodasi (Part 3)

1. Iya, untungnya selama ini ga pernah dapet hostel yang aneh2. yang penting bersih, terutama kamar mandi. emangnya ada pengalaman ga enak kah pas coach surfing? sampe sekarang aku belum berani coach surfing